KERAGAMAN GEOLOGI

Keragaman geologi menurut Gray (2004) di definisikan sebagai rentang keragaman dari aspek (Keistimewaan dan tampilan) dari geologi (Batuan, mineral, dan fosil); dan pembentukan tanah; yang meliputi kumpulannya, hubungan, sifat, atau karakter yang dimiliki, interpretasi dan sistim dari fitur-fitur tersebut. Sehingga secara sederhana keragaman geologi adalah mencakup semua material , setruktur dan proses yang menyusun dan membentuk bumi, material yang dimaksud meliputi mineral, batuan, fosil, tanah dai air; sedangkan struktur antara lain berupa perlipatan, sesar; dan bentang alam; serta hubungan antara unit batuan. Ssedangkan proses meliputi aktivitas tektonik, sedimentasi, pembentukan tanah (pelapukan), aktivitas gunung api, dan lain-lain
Mengapa keragaman geologo perlu di konservasi? Menurut Gray (2005), ada dua hal utama mengapa keragaman geologi harus di konservasi. Pertama, keragaman geologi Sangat penting dan berharga ditinjau dari berbagai kepentingan. Kedua, saat ini keragaman geologi sedang terancam oleh berbagai macan aktivitas manusia. Sehingga, sebagai ukuran dari sebuah masyarakat yang beradab dan maju, adalah jika masyarakat mau melindungi dan melestraikan unsur-unsurdari planet ini yang berharga dan terancam.
Keragaman geologi menurut Gray (2005) bisa memiliki berbagai nilai yanng dapat di kelompokkan dalam berbagai kriteria sebagai berikut: nilai keberadaan, nilai yang berhubungan dengan keberadaan sumberdaya alam tesebut tanpa melihat nilai manfaatnya; nilai kebudayaan, termasuk di dalamnya cerita rakyat, arkeologi atau sejarah yang berhubungan dengan pembentukan batuan atau lanskap, spiritual dan sensasi/imaginasi; nilai estetika berupa lanskap yang memiliki daya tarik untuk melakukan berbagai aktivitas geowisata, inspirasi untuk meluskis, fotografi; nilai ekonomi, meliputi sumberdaya alam yang memberikan aspek manfaat seperti sumber daya energi, mineral industri, mineral logam, batu mulia, bahan konstruksi; Nilai fungsi, meliputi fungsinya sebagai wadah terdapatnya sumber air, minyak dan gas; sumber mineral vital untuk kesehatan, tempat penyimpanan sampah radioaktif, sebagai penyaring air, tanah, mencagah banjir, sebagai bagian dari ekosistem lingkungan; dan nilai ilmiah, merupakan tempat untuk melakukan penelitian, pendidikan dan pelatihan ilmu kebumian, sejarah planet, proses perubahan iklim, maupun kehidupan manusia.

Informasi

Keragaman Geologi

Taman Batu
So`on Solor

Volcanic rock
pancur Beach

Veccicular lava
Grajagan Beach

Sedimen
Kendenglembu

Air Terjun
Gentongan

Komplek Air
Foraminifera Fossil Parang Ireng Beach

Komplek Air
Panas Blawan

Kawah Wurung

Hits: 25