Mangga Madu

Mangga jenis ini dinamakan Mangga Madu karena rasanya yang sangat Manis mirip Madu, bahkan saat masih muda pun, Buah ini hanya memiliki sedikit rasa asam bahkan tidak ada rasa asam sama sekali. Buah yang sudah matang biasanya dikonsumsi langsung atau dibuat jus, sedangkan buah yang masih muda dibuat Rujak. Buah ini sering dijual di Pasar, Supermarket dan Pedagang Buah saat Musimnya.

Selain Mangga Madu, Mangga ini juga dikenal dengan mangga Lalijiwa meskipun Mangga ini bukan spesies Mangifera lalijiwa tapi Mangga ini dinamakan Lalijiwa karena jika memakannya, rasanya yang enak akan membuat orang lupa diri dan ingin tambah lagi mirip Lalijiwa dan Manalagi. Mangga ini juga kerap disebut sebagai Mangga manalagi, padahal Mangga Madu dan Manalagi adalah 2 kultivar yang berbeda. Mangga Madu juga berbeda dengan Mangga gadung

Pemerian botanis

Daerah asal Mangga Madu ini belum diketahui, tapi yang pasti Mangga jenis ini sudah banyak ditanam masyarakat sejak dulu, Pohonnya bisa mencapai tinggi sekitar kurang lebih 10 meter dengan bunganya yang tidak ada bedanya dengan Mangga jenis lainnya. Bunga Mangga jenis ini memiliki warna putih kekuningan. Daun Mangga Madu berwarna hijau tua berbentuk lonjong dengan ujung meruncing dan terdapat Tulang Daun Primer, sekunder dan tersier. Ukurannya sekitar kurang lebih 29 centimeter dengan tangkai daun memiliki panjang 3 centimeter Daunnya jika diremas akan mengeluarkan aroma khas yang mirip dengan aroma buahnya. Daun mangga ini termasuk daun tunggal. Daun yang masih muda berwarna Merah muda. Seperti Mangga lainnya, Mangga Madu juga akan mengeluarkan getah apabila dilukai. Getah mangga Madu berwarna putih. Buah termasuk tipe buah batu (drupe) dengan ukuran kurang lebih 17-20 centimeter dengan bentuk Bulat dan adapula yang Lonjong. Kulit buah berwarna hijau kebiruan dengan semburat kuning ketika matang dan memiliki bintik-bintik berwarna putih. Jika dibelah isi dari buah ini berwarna Kuning tua dengan warna hingga disekitar bijinya. Daging buah beraroma harum, bertekstur lembut dan berair dan rasanya sangat manis. Bijinya berjumlah satu. Biji poliembrioni.

 

Hama dan Penyakit

Karena rasa buahnya yang sangat manis, buah ini sangat disukai Kelelawar dan Lalat buah yang larvanya sering ditemukan dalam buah mangga ini, terutama saat Musim Penghujan, buah yang terserang lalat buah akan membusuk dengan warna kulit hitam dan ketika buah ditekan maka larva lalat buah akan keluar dari dalam buah. Selain itu, sering ditemukan kutu Aphids dan Kutu Kebul atau Kutu Putih.

Mangga ini juga rentan terkena Cendawan Jelaga.

 

 

Hits: 141

Kontak