Palem Jari

Palem jari (Rhapis excelsa) adalah spesies tanaman hias yang termasuk ke dalam genus Rhapis dalam suku arecaceae

Uraian

Rhapis excelsa merupakan jenis palem yang banyak ditemukan hampir di seluruh dunia. Penyebaran populasinya yang luas dikarenakan kemampuannya mudah beradaptasi terhadap tanah, iklim dan lingkungan tropis maupun subtropis.[3] Luz et al. (2011) melaporkan bahwa R. excelsa merupakan tanaman hias yang banyak dibudidayakan di seluruh dunia, terutama untuk daerah teduh.

Ekologi dan penyebaran

Di Indonesia tanaman ini berkembang dan tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Palem ini dapat tumbuh baik pada ketinggian antara 50-500 m dpl. Pada daerah dataran rendah R. excelsa mempunyai pertumbuhan vegetatif lebih cepat, warna daun lebih muda dan cerah, kurang mengkilat, kurang tebal dan kurang keras. Sebaliknya, pada daerah dataran tinggi pertumbuhan vegetatifnya lebih lambat, warna daun lebih tua, mengkilat, daun agak tebal dan lebih keras.

Manfaat

Tanaman ini banyak dimanfaatkan masyarakat luas sebagai tanaman hias di ruangan, di halaman (taman) bahkan sebagai bunga potong. Penampilannya yang anggun, menarik dan indah, terutama bila dibentuk rangkaian sangat disukai oleh masyarakat di negara-negara subtropis. Selain itu, perawatannya sangat mudah dan relatif tahan terhadap perubahan cuaca. R. exelsa memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan sebagai salah satu komoditas unggulan. Tanaman hias ini memiliki nilai ekonomi tinggi dan disukai konsumen dalam dan luar negeri. Tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk pembuatan taman (landsekap). Di beberapa negara sangat dikenal sebagai tanaman hias yang eksklusif.

 

Hits: 0

Kontak