Pandan Betawi

Suji,[1] suji hijau atau Pleomele angustifolia[2][3] (Dracaena angustifolia) adalah tumbuhan perdu tahunan yang daunnya dapat dimanfaatkan sebagai pewarna hijau alami untuk makanan. Daun suji memberi warna hijau yang lebih pekat daripada daun pandan wangi, yang juga merupakan sumber warna hijau, tetapi daun ini tidak memiliki aroma. Salah satu makan yang menggunakan daun suji sebagai pewarnanya ialah kelepon.

Uraian

Selain dimanfaatkan sebagai pewarna, tumbuhannya biasa ditanam di pekarangan karena bentuknya yang indah dan bunganya yang menyebarkan aroma wangi, terutama pada sore hari. Bunga majemuk tersusun dalam karangan dengan mahkota bunga berwarna putih kekuningan, kadang-kadang dengan semburat ungu. Kultivar hias telah dikembangkan dengan daun variegata (loreng hijau kuning).

Pengobatan tradisional Asia Timur mengenal rimpang dan akar suji sebagai sumber tonikum dan diduga berkhasiat mengobati leukemia.[4]

Manfaat

Sakit maag adalah penyakit yang sering terjadi di masyarakat. Namun ada yang memandang sakit maag itu merupakan penyakit yang ringan dan dapat diabaikan. Padahal bisa sebaliknya. Terjadinya penyakit maag karena disebabkan oleh kurang teraturnya makan dan bisa karena kurang tidur yang tidak diimbangi dengan pola makan yang cukup. Bisa juga karena stres. Terjadinya maag karena adanya luka atau peradangan lambung yang disebabkan ketidakteraturan dalam pola makan yang sehat.

Nah, ini ada obat herbal yang mudah dan murah. Khasiatnya sudah diuji oleh penulis dan beberapa teman kantor. Penyakit maag akhirnya bisa enyah dari tubuh.

Anda tahu pandan betawi? Daunnya bisa untuk pewarna kue. Ternyata, buahnya sangat bermanfaat sebagai obat herbal. Pada umumnya pandan betawi akan berbuah kalau pohonnya sudah cukup tua dan buahnya bertahap dari warna hijau, kuning kecoklatan, dan akhirnya menjadi merah matang. Bentuk buah pandan betawi, bulat kecil dan keras. Baisanya pohon pandan betawi ditanam sebagai pelengkap taman atau tumbuh di pinggir pinggir jalan.

Untuk mebuat obat herbal dengan buah panda betawi diperlukan minyak kelapa yang dibuat dari kelapa hijau (blondo kalau orang Jawa bilang). Yang dimaksud dengan buah kelapa hijau adalah kelapa yang benar-benar kelapa hijau (bukan kelapa muda), yaitu kalau dikupas kulitnya terlihat warna kemerahan. Jadi bukan asal kelapa yang kulitnya hijau.

Hits: 173

Kontak